Supercell, Developer Pembuat Game Clash of Clans COC dan Hay Day





     Supercell, Developer Pembuat Game Clash of Clans COC dan Hay Day – Banyak orang-orang yang mengenal Supercell sebagai grup musik yang berasal dari Jepang. Memang benar, ada grup musik semacam vokal grup yang terdiri dari 11 orang yang berasal dari Jepang. Tapi yang dimaksudkan bukan itu, tapi Supercell si perusahaan developer atau pembuat Game Clash of Clans COC dan Hay Day.

    Si developer alias Supercell memiliki studio dan bermarkas (berbasis) di Findlandia tepatnya di kota Helsinksi. Studio ini Supercell ini mengelola dua game yang bisa dibilang game mobile terpopuler di dunia. Game yang dikelola adalah game COC atau Clash of Clans dan Hay Day. Ke dua game ini cukup terkenal baik di Android maupun di iOS. Keberhasilan ini membuat Sepercell menjadi raja di bidang game mobile.

    Keberhasilan Supercell dalam mengembangkan game ditandai dengan berhasilnya game COC mendapatkan jumlah pengguna lebih dari 100 juta pengguna dari seluruh dunia. Ini merupakan jumlah yang fantastis, karena tidak banyak game yang berhasil mendapatkan pengguna sebanyak itu.

    Berdasarkan keterangan dari situs game Gamesinasia studio Supercell berhasil mendapatkan pemasukan atau pendapatan sebesar Rp 4,75 milyar perhari. Yap, itu perhari bukan perbulan atau pertahun. Bisa dibayangkan saja berapa milyar uang yang didapatkan studio Supercell beberapa tahun terakhir. Besar kemungkinan dimasa mendatang pendapatan Supercell meningkat lebih besar lagi. Jika dikonversikan dengan harga rupiah yang melambung tinggi saat ini, angka ini sangat besar sekali.

    Menurut data yang ada, sebagian besar pendapatan studio game Supercell berasal dari game COC Clash of Clans. Yaps memang benar jika COC merupakan game strategi yang paling populer saat ini. Di iTunes Apple saja, game ini berhasil menjadi game terpopuler nomor satu (no.1).

    Keberhasilan Supercell dalam mencatatkan pendapatan yang besar ini membuat studio game ini disebut-sebut sebagai studio yang paling banyak mendapatkan keuntungan di Apps Store. Supercell berhasil mengalahkan posisi EA dalam segi pendapatan. Saat ini posisi CEO di Supercell pegang oleh Ilkka Paananen.

    Dengan modal lebih dari 969 game di Apps Store, EA masih kalah dengan Supercell yang hanya bermodalkan 2 game yang terkenal. Tapi kabar terbaru menyebutkan jika tahun 2014 kemarin Supercell sudah merilis game terbaru lain yaitu Boom Beach yang tersedia untuk Android dan iOS.

    Supercell berdiri pada musim panas tahun 2010, studio game ini bergerak mengembangkan game mobile. Saat ini Supercell di pimpin oleh Ilkka Paananen yang menjabat sebagai CEO. Pada tahun 2011 Supercell pernah mendapatkan dana investasi dari Accel Partners USD 12 juta. Sebanyak 51 persen saham Supercell sudah di akuisisi oleh SoftBank.

    Semoga keberhasilan studio game Supercell ini bisa menjadi inspirasi bagi developer-developer game di seluruh Indonesia. Besar juga harapan agar nantinya ada game sebesar game Clash of Clans yang berasal dari Indonesia.

Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BlackShirt - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger